Kapolres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Aris Sulistyono menjamin perayaan Natal 2019 di daerahnya berjalan aman dan lancar karena dilakukan pengamanan oleh personel gabungan.

"Kami akan melakukan pengamanan perayaan sejak malam Natal termasuk pada siang harinya dengan menerjunkan personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, petugas perhubungan," katanya di Sungailiat, Selasa.

Menurutnya, pengamanan perayaan Natal dan tahun baru dengan menerjunkan 287 personel gabungan bagian dari upaya memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat khususnya bagi umat Nasrani yang sedang merayakan Natal.

Dia mengatakan, pengamanan malam Natal dipusatkan di lima gereja masing-masing gereja, Ora Et Labora, Santa Maria, Setia Indonesia Kuday, gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dan gereja Pantekosta. Setiap gereja akan ditempatkan personel gabungan dengan jumlah yang disesuaikan.

"Sedangkan untuk pengamanan perayaan Natal siang hari dimulai sejak pagi sampai dengan selesainya kegiatan itu, lebih kurang 40 gereja yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka," jelasnya.

Kapolres mengatakan, secara umum semua kegiatan terkait pengamanan perayaan Natal 2019 dan tahun 2020 oleh personel gabungan sudah siap siaga sejak didirikan pos keamanan dan pos pelayanan Senin (23/12).

Personel gabungan akan melakukan kegiatan pada operasi Lilin Menumbing 2019 termasuk bertugas menjaga keamanan di empat pos pengamanan dan di satu pos pelayanan.

Untuk pos pengamanan Natal dan tahun baru di pusatkan di sejumlah tempat termasuk di objek wisata pantai matras karena kawasan tersebut banyak dikunjungi wisatawan saat libur kerja sedangkan pos pelayanan di pusatkan di Balai Kemitraan polisi dan Masyarakat (BKPM) yang berada di wilayah Polsek Sungailiat.

Kapolres mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan langsung di semua pos keamanan dan pelayanan termasuk patroli di sejumlah wilayah untuk memastikan kondisi keamanan dan ketertiban wilayah seperti kawasan Matras Sungailiat, Jalur jalur Merawang sampai Simpang Jurung Merawang, Jalur rawan sampai Perempatan Puding Besar kemudian Patroli jalan raya dan komplek pemukiman masyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019