Vice Presiden XINYI ENERGY GLASS (WUHU) COMPANY LIMITED 26 Desember 2019 lalu secara resmi mengundang Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengunjungi perusahaan mereka di Negeri China, dengam tujuan untuk diskusi bisnis dan membahas kemungkinan kerjasama. 

Menurut Gubernur Erzaldi Rosman, Kerja sama yang akan dibahas dalam kunjungannya diperkirakan selama 3 (tiga) hari, terhitung pada tanggal 18 hingga 21 Januari 2020 ini terkait pasokan pasir silika di Anhui, China. 

Merespon baik undangan ini, Gubernur Erzaldi Rosman segera menyurati Menteri Dalam Negeri RI sebagai mekanisme perjalanan dinas luar negeri, untuk permohonan perjalanan dinas luar negeri.

Hal ini tentunya sesuai Peraturan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2016 tentang Pedoman Perjalanan Dinas Luar Negeri Aparatur Sipil Negara Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pimpinan dan Anggota Perwakilan Rakyat Daerah.

Manfaat dari kegiatan ini diantaranya, meningkatkan strategi implementasi pencapaian sebagai industrialisasi hingga penjajakan kerjasama potensial untuk mengintegrasikan teknologi, dalam rangka meningkatkan pemasaran dan perdagangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kementerian Dalam Negeri RI, dengan menyampaikan surat rekomendasi penugasan ke luar negeri disertai surat rekomendasi penyelesaian pasport dinas exit permit dan rekomendasi visa atas nama Gubernur Erzaldi Rosman kepada Kementerian Sekretariat Negara, yang ditandatangani oleh Mendagri RI,  Muhammad Tito Karnavian. 

Kementerian Sekertariat Negara RI, Menyetuji hal ini melalui surat persetujuan perjalanan dinas luar negeri. Dalam surat ini, Gubernur Erzaldi Rosman disetujui atas perjalanan memenuhi undangan ini.

Di negara China, selain harus menemui Kedutaan Besar RI untuk menyampaikan maksud kedatangannya, juga diwajibkan membuat laporan perjalanan dinas ini dan disampaikan kepada Mendagri RI. 

Turut dalam perjalanan kunjungan adalah, Kepala Polisi Daerah Bangka Belitung Brigjen Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat, Komandan Lanud H. AS Hanandjoeddin Letkol Nav Sunardi, Komandan Pangkalan Laut Bangka Belitung Letkol Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E. M.Tr.Hanla, Prof. H Saparudin,M.T, Ph.D sebagai Direktur Utama PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (BUMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung), Vindyarto Purba sebagai Direktur PT Ration Bangka Abadi.

Kunjungan tidak hanya dilakukan ke XINYI ENERGY GLASS untuk kerjasama terkait pasir silika tetapi juga ke CINOMACH yang merupakan BUMN di China yang bergerak dibidang mesin-mesin berat untuk hilirisasi industri timah di Bangka Belitung.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020