Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyiapkan gaharu berkualitas ekspor, untuk menembus pasar luar negeri.

"Kami akan siapkan gaharu kualitas terbaik untuk bisa dipasarkan ke luar negeri, terutama negara Arab Saudi yang peluang pasarnya lebih besar," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, Pemkab Bangka Tengah sudah berhasil menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Arab Saudi dalam rangka mengembangkan sayap pasar gaharu asal daerah itu.

"Selanjutnya kami akan siapkan semua perizinan dan bahkan kami juga menyiapkan sekitar 617 pohon gaharu siap panen dengan kualitas bagus," ujarnya.

Pemkab Bangka Tengah akan menyiapkan tenaga khusus pembersih dan pengolah kayu gaharu untuk menaikka kualitas tanaman ekspor tersebut.

"Gaharu sudah dibudidayakan sejak lama di Bangka Tengah, sekarang tinggal menjaga kualitas dan mengembangkan pasarnya," ujarnya.

Ibnu Saleh mengharapkan tanaman gaharu dengan harga yang lumayan mahal dapat meningkatkan perekonomian petani gaharu.

"Sekarang yang terus dikembangkan adalah produk turunan gaharu yang bisa bersaing di pasar dalam dan luar negeri," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020