Pemerintah Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membangun satu pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) baru untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Pada 2018 dan 2019 kami telah membangun dua Puskesmas, yaitu Puskesmas Taman Sari dan Puskesmas Rangkui. Tahun ini kami akan membangun kembali Puskesmas Bukit Intan di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Suriyanto, Rabu.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah mulai memperbaiki sarana dan prasarana kesehatan untuk masyarakat dengan dibangunnya dua Puskesmas baru di kota itu.

"Puskesmas Taman Sari sudah kita diresmikan dan untuk Puskesmas Rangkui bulan Februari nanti akan diresmikan," ujarnya.

Dikatakannya, kebutuhan kesehatan masyarakat ini merupakan kebutuhan wajib, sehingga akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat agar mendapatkan hak-hak mereka.

"Untuk permasalahan sarana dan prasarana kesehatan akan berjalan bersamaan dengan perbaikan fasilitas yang ada. Kami berharap kedepan dengan adanya peningkatan fasilitas kesehatan ini bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat," katanya.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, saat ini pihaknya sedang berusaha agar Puskesmas yang ada di kota itu bisa beroperasi 24 jam, karena melihat jumlah pengunjung yang datang ke Puskesmas saat ini semakin banyak dari sebelumnya.

"Saat ini baru hanya Puskesmas Air Itam yang beroperasi 24 jam dan kami akan tingkatkan juga untuk Puskesmas lainnya," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020