Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menginisiasi gerakan bersih lingkungan di kawasan Pantai Tanjungular, Mentok.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, budaya bersih lingkungan, terutama di kawasan pantai semakin tumbuh di masyarakat," kata Kepala KSOP Pangkalbalam Izwar di Mentok, Kamis.

Dia mengatakan gerakan bersih lingkungan yang digelar di Pantai Tanjungular itu, kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Bangka Barat.

"Kami berharap gerakan ini semakin tumbuh di tengah masyarakat dan dapat mendatangkan kebaikan serta bermanfaat untuk lingkungan," katanya.

Ia mengimbau masyarakat melaksanakan bersih-bersih di lingkungan tanpa instruksi atau perintah namun dengan inisiatif pribadi untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan memberikan apresiasi kepada KSOP Pangkalbalam yang telah menginisiasi gerakan di kawasan itu.

Ia mengajak masyarakat berperan aktif menjaga kelestarian laut agar tetap bersih guna menunjang pariwisata sekaligus mengenalkan Pantai Tanjungular sebagai objek wisata potensial di Bangka Barat.

"Pantai dan laut bersih dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat jika dikelola dengan baik, jangan dicemari," katanya.

Gerakan bersih pantai dengan tema "Menghadap Laut 2.0" digelar di kawasan Pantai Tanjungular, Mentok, Kabupaten Bangka Barat diikuti ratusan peserta. Hadir dalam kegiatan itu, para pejabat tingkat provinsi dan kabupaten serta instansi vertikal.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020