Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Ketahanan Pangan Bangka Belitung menggelar lomba cipta menu pangan beragam gizi seimbang dan aman tingkat provinsi.

"Perlombaan itu digelar bekerja sama dengan tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di daerah itu," kata Ketua BKP Babel Tony di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan tujuan diadakan acara ini untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam membuat dan menyajikan menu pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk dikonsumsi.

"Kegiatan tersebut dapat menambah pemahaman masyarakat dan kader PKK untuk berkreasi dalam membuat dan menyajikan menu pangan.," ujarnya.

Ia menjelaskan, lomba itu diikuti oleh perwakilan dari tujuh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Babel. Kabupaten Bangka diwakili PKK Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka Tengah diwakili PKK Pangkalanbaru.

Kemudian Kota Pangkalpinang diwakili PKK Girimaya, Kabupaten Bangka Selatan diwakili PKK Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Barat diwakili PKK Kecamatan Jebus, Kabupaten Belitung diwakili PKK Kecamatan Membalong dan Kabupaten Belitung timur diwakili PKK Kecamatan Manggar.

"Pemenang akan mengikuti lomba tingkat nasional pada 2015 yang akan dilaksanakan pada 6 Oktober 2014 bertepatan dengan peringatan hari ketahanan pangangan nasional di Makassar," ujarnya.

Ia berharap, pemenang lomba tingkat Provinsi Babel mampu bersaing di tingkat nasional.

"Semoga pemenang provinsi dapat bersaing dengan baik ditingkat nasional dan bisa memenangkan perlombaan itu sehingga menjadi motivasi bagi warga untuk memanfaatkan bahan makanan yang ada di sekitarnya," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014