Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meningkatkan kemitraan dengan pers, guna mengoptimalkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat negeri serumpun sebalai itu.

"Kami mengucapkan selamat memperingati Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers dan media massa. Semoga kedepannya pers semakin maju, profesional dan berkembang pesat," kata Pj Sekda Provinsi Kepulauan Babel, Yulizar Adnan di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang diharapkan semakin profesional dan memiliki kontribusi penting dalam pembangunan di Negeri Serumpun Sebalai.

"Pers juga secara khusus diharapkan dapat menjalin sinergi secara optimal dengan pemerintah daerah dalam memberikan informasi maupun publikasi tentang pembangunan," ujarnya.

Menurut dia selama ini hubungan kemitraan atau kerja sama antara kalangan pers dan Pemprov Kepulauan Babel sudah berjalan dengan baik. Pemprov juga telah melakukan berbagai kegiatan dan program untuk meningkatkan kemitraan dengan pers maupun optimalisasi pelayanan informasi publik.

Bentuk kegiatan itu antara lain pertemuan/konferensi pers, pengiriman press release, talkshow di radio dan TV, kerja sama advertorial, pembangunan Rumah Media, penyediaan media center dalam setiap kegiatan besar seperti MXGP, turnamen bulutangkis tingkat nasional, dan PORNAS Korpri.

"Kami akan membantu memfasilitasi kegiatan kalangan media dan organisasi pers seperti acara pelantikan kepengurusan organisasi pers dan kegiatan lainnya," katanya.

Selain itu kata Yulizar, pemerintah provinsi dalam meningkatkan hubungan kemitraan dengan kalangan pers telah memiliki kanal/lumbung informasi dan publikasi melalui website humas.babelprov.go.id, video humas, website babelprov.go.id, In Radio, dan media sosial berupa FB dan instagram.

“Kedepannya, kita akan meningkatkan secara optimal kinerja tenaga fugsional pranata humas dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID Pembantu yang ada di setiap OPD di lingkungan pemerintah provinsi," katanya.

Ia berharap semua informasi mengenai pembangunan dapat diketahui secara luas oleh masyarakat melalui kerja sama dengan kalangan pers ini.

"Kami tentunya juga menerima masukan atau kritikan yang bersifat konstruktif dari kalangan pers untuk lebih meningkatkan kinerja di masa mendatang," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020