Wakil Bupati Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Herdavid mengatakan pers sebagai pilar keempat dalam sistem demokrasi memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan suatu daerah.

"Untuk di Bangka Selatan sejauh ini peran rekan-rekan wartawan cukup ampuh menjadi pengawal demokrasi yang mengedepankan aspirasi masyarakat, karena banyak hal yang tidak terjangkau oleh kami di legislatif ataupun eksekutif, namun bisa diadvokasi oleh rekan-rekan wartawan," kata Riza di Toboali, Minggu.

Dalam momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Wabup berharap awak media khususnya yang bertugas di Bangka Selatan agar dapat tetap menjaga independensi dari kepentingan politik praktis manapun dan menjauhi praktik transaksional dalam menyuarakan suara rakyat.

"Kami berharap rekan-rekan jurnalis dapat tetap terus menyuarakan keadilan dan kebenaran dengan lantang, serta terus memainkan perannya dengan optimal demi Majunya Bumi Junjong Besaoh," kata dia.

Selain itu, dia juga meminta seluruh pejabat pemerintah untuk mempermudah tugas para jurnalis dalam mendapatkan informasi agar dapat disampaikan kepada masyarakat.

"Dengan memudahkan tugas jurnalis setiap kegiatan pemerintah dapat tersampaikan dan diketahui publik, apalagi di era digital ini akses informasi lebih mudah diperoleh. Melalui awak media masyarakat dapat mendapatkan informasi dengan cepat dan hangat," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020