Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menyalurkan bantuan kepada warga korban puting beliung di Desa Rebo, yang terjadi Senin (10/2) kemarin.

"Bantuan yang kami salurkan berupa makanan, terpal bahan bangunan dan sejumlah kebutuhan lainnya yang diperlukan warga korban musibah angin puting beliung," kata bupati di Sungailiat, Selasa, seusai penyaluran bantuan.

Menurutnya, musibah bencana alam terutama angin puting beliung yang merusak belasan rumah warga Desa Rebo, murni bencana alam karena tidak dapat diprediksi sebelumnya.

"Musibah ini murni bencana alam yang tidak diketahui akan terjadi sebelumnya, beda dengan ancaman banjir yang dapat diprediksi sebelumnya," tambah bupati.

Bupati berharap, bantuan yang disalurkannya tersebut mampu meringankan beban para korban meskipun nilainya tidak terlalu besar.
Bupati Bangka, Mulkan di lokasi korban angin puting beliung Desa Rebo (babel.antaranews.com/kasmono)


Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, diketahui terdapat 15 rumah warga rusak akibat angin puting beliung yang terjadi Senin (10/1), sekitar pukul 14.45 WIB termasuk mengakibatkan keleteng Jaya Bakti rusak ringan.

Belasan rumah warga yang terkena angin puting beliung terdapat terdapat di empat RT dengan sebagian besar rusak di bagian atap.

Sementara Kepala Desa Rebo, Fendy mengatakan angin puting beliung baru pertama kalinya terjadi di desanya.

"Puting beliung, baru pertama kali ini terjadi karena sebelumnya desa Rebo cukup aman dari bencana alam," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020