Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah tiga cabang olahraga baru di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) dan Pusat Pendidikan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD), guna meningkatkan prestasi atlet di daerah itu.

"Pada tahun ini kita tambah tiga cabang olahraga baru, yaitu panahan, menembak dan panjat tebing," kata Kepala Dispora Provinsi Kepulauan Babel Suharto saat membuka rapat persiapan pelaksanaan Program PPLPD dan SKO Tahun Anggaran 2020 di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan penambahan tiga cabang olahraga baru dalam program PPLPD dan SKO 2020, karena induk organisasi ketiga cabang olahraga tersebut sudah melahirkan atlet berprestasi di tingkat nasional, sehingga sudah selayaknya masuk dalam program pembinaan SKO.

"Kuota atlet untuk cabang olahraga menembak tahun ini empat atlet dan satu pelatih, panjat tebing empat atlet dan satu pelatih dan panahan tiga atlet dan satu pelatih," ujarnya.

Menurut dia, penambahan kuota cabang olahraga juga dilakukan pada sepak bola putri U-17 delapan atlet dan dua pelatih, senam empat atlet dan dua pelatih, gulat dua atlet dan satu pelatih, serta karate dua atlet dan satu pelatih.

"Meskipun panahan ini masih baru, pertumbuhan atletnya hampir tersebar di seluruh kabupaten/kota, karena sudah ada yang mewadahi cabang olahraga ini. Dengan dimasukkannya atlet tersebut ke SKO diharapkan ke depan bisa lebih berprestasi," katanya.

Ia menambahkan penambahan cabang olahraga ini sebagai bentuk keseriusan Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman untuk membangkitkan dan memajukan olahraga di negeri serumpun sebalai ini. Keseriusan tersebut terbukti dengan dilakukan penjajakan kerja sama antara Pemprov Babel dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam membangun pendidikan dan olahraga.

"Berdasarkan data nasional, sekitar 50-60 persen PPLP/SKO telah melahirkan atlet berprestasi untuk Indonesia," ujarnya.

Pada rapat persiapan pelaksanaan program PPLPD dan SKO Tahun Anggaran 2020 yang dihadiri Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KONI, dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga setuju dan sepakat ada penambahan cabang olahraga di SKO dan PPLPD Tahun Anggaran 2020.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020