Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) berharap pembangunan pelabuhan baru di kawasan Pantai Pasir Padi segera terealisasi sehingga bisa menambah pendapatan asli daerah itu.

"Hari ini kami bersama tim dari kementerian perhubungan telah meninjau lokasi yang akan dibangun pelabuhan baru ini, nantinya pelabuhan ini dikhususkan untuk bongkar muat peti kemas," katanya usai meninjau lokasi calon pelabuhan baru, Kamis.

Ia mengatakan, luas areal yang akan dibangun untuk pelabuhan baru ini sekitar 30 hektar lebih yang kesemuanya merupakan lahan milik Pemkot Pangkalpinang. 

"kami sudah menyiapkan lahan seluas 30 hektar. Untuk Bangunannya seberapa besar tergantung dari kementerian perhubungan, karena dana pembangunan semuanya berasal dari pusat," katanya.

Molen meminta kepada tim dari kementerian perhubungan agar mempermudah rencana Pemerintah Kota Pangkalpinang bisa memiliki pelabuhan baru yang lokasinya sangat strategis.

"Jika pelabuhan baru ini jadi, maka ekonomi Kota Pangkalpinang akan meningkatkan dan banyak menyerap tenaga kerja. Salah satu contoh keuntungan yang bisa kita ambil, yaitu setiap hari pelabuhan ini nantinya akan menggunakan 300 ton air dari PDAM," ujarnya.

Selain itu kata Dia, jika pelabuhan baru ini bisa terwujud maka akan banyak investasi masuk ke Kota Pangkalpinang.

“Kami yakin rencana ini bisa berjalan, untuk itu dukungan seluruh masyarakat Pangkalpinang dan Gubernur Babel sangat diharapkan agar pelabuhan baru ini bisa terealisasi," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020