Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung segera melengkapi fasilitas wisata di Pantai Baturakit, Kecamatan Muntok untuk menambah kenyamanan pengunjung di lokasi andalan tersebut.

"Proses lelang sudah dilaksanakan, kami harapkan pada akhir 2014 semua fasilitas wisata di lokasi itu sudah beres semua dan pengunjung semakin nyaman menikmati pantai yang letaknya persis di sebelah Pelabuhan Tanjung Kalian itu," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Hubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat Iswandi di Muntok, Jumat.

Ia menjelaskan, fasilitas penunjang pariwisata Pantai Baturakit yang akan dibangun tahun ini berupa empat unit bungalow, lapangan parkir, pendopo, sumur, kamar mandi dan gapura yang akan dibangun tepat di pinggir jalan sebelum Terminal Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok.

"Nilai proyek keseluruhan lebih dari Rp1 miliar, yang diambil dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten 2014, kami akan berupaya agar proyek berjalan sesuai yang direncanakan," kata dia.

Ia mengatakan, berbagai fasilitas itu memang sudah direncanakan lama, namun baru bisa direalisasikan pada tahun ini mengingat minimnya anggaran yang ada di daerah itu.

Menurutnya, fasilitas tersebut layak direalisasikan untuk menunjang peningkatan pariwisata di daerah itu, mengingat Pantai Baturakit merupakan pintu gerbang barat Pulau Bangka dan letaknya tepat disebelah pelabuhan yang menghubungkan Pulau Bangka-Sumatera.

"Kami harapkan begitu penumpang turun dari kapal akan langsung mampir ke Pantai Baturakit, dan tidak langsung ke daerah lain seperti yang terjadi selama ini," kata dia.

Selain itu, kata dia, dibangunnya pendopo berupa panggung diharapkan akan menjadi balai budaya yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar berbagai pentas seni yang akan semakin menarik untuk dikunjungi.

Terkait dengan status lahan di lokasi itu, kata dia, pada tahun ini pemkab sudah memberikan ganti rugi kepada PT Timah Tbk sebagai pemilik lahan seluas sekitar dua hektare tersebut dengan nilai lebih dari Rp2 miliar.

"Kami harapkan upaya pemkab bisa terus meningkatkan jumlah wisatawan dan sektor wisata menjadi salah satu unggulan ekonomi masyarakat," katanya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014