Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengingatkan seluruh orang tua di wilayah kerjanya untuk memperketat pengawasan anak dari pengaruh lingkungan dan teknologi.

"Peran orang tua sangat besar dalam melakukan pengawasan terhadap anaknya dari pengaruh lingkungan maupun teknologi yang semakin berkembang pesat," katanya di Sungailiat, Rabu saat membuka kegiatan Forum Anak Kabupaten Bangka.

Mulkan mengatakan, pengaruh lingkungan akan mendominasi prilaku anak, begitu pula halnya pengaruh teknologi seperti game di android yang berlebihan dapat berpengaruh pada pendidikan.

"Orang tua harus benar-benar berperan aktif menjaga dan mengawasi putra-putrinya agar tidak terjebak pada pergaulan bebas seperti penyalahgunaan narkoba atau tidak pelanggaran lainnya," kata bupati.

Dia mengatakan, didikan orangtua tidak perlu harus dengan prilaku manja karena terkadang memanjakan anak yang berlebih dapat mengakibatkan anak tersebut tidak mandiri.

"Tatangan ke depan cukup berat, dari sekarang harus dibekali dengan berbagai ilmu agama maupun ilmu pengetahuan formal yang dapat menjadi dasar kemandirian anak tersebut," ujarnya.

Di era digitalisasi seperti sekarang kata bupati, harus benar-benar dihadapi bijak dengan cara menggunakan sarana informasi teknologi sesuai kebutuhan.

"Gunakan teknologi untuk kepentingan positif misal, mengakses masalah ilmu pengetahuan, ilmu pendidikan agama atau akses informasi pendidikan lainnya," katanya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020