Parittiga (Antara Babel) - Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun ini akan merealisasikan program kredit perumahan rakyat (KPR) untuk kalangan umum dan pegawai negeri sipil.

"Lahan sudah kami siapkan di kawasan perkantoran kecamatan, rencananya akan dibangun sebanyak 300 unit dengan tipe 48, 36 dan 70," kata Camat Parittiga, Iduan di Muntok, Minggu.

Ia menjelaskan, program KPR ini sudah direncanakan sejak 2011 dan tahun ini direalisasikan bekerja sama dengan pihak ketiga dan sudah ada deplover yang berminat.

"Sejumlah bank penjamin juga sudah banyak menawarkan, sekarang tergantung kita saja namun yang pasti tahun ini tetap jalan dan pembangunan tahap awal diperuntukan bagi kalangan pegawai negeri sipil," ujarnya.

Ia mengatakan, khusus kalangan umum yang berminat mengambil rumah tersebut harus memenuhi syarat dan mendapat persetujuan dari bank penjamin.

"Kami sedang melakukan pendataan warga yang berminat dan memenuhi syarat mendapatkan rumah KPR dari berbagai tipe tersebut," ujarnya.

Iduan juga  menyatakan program Kredit Perumahan Rakyat sudah mendapat persetujuan Kementerian Perumahan Rakyat Republik Indonesia
    
"Kami sudah presentasi, ternyata disetujui dan bahkan ada subsidi dari pemerintah untuk rumah tipe 36," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini baru Kecamatan Parittiga yang merealisasikan program KPR sementara kabupaten lainnya di Bangka Barat belum ada.

"Baru Kecamatan Parittiga yang merealisasikan program KPR, karena lahan sudah ada dan kebetulan ada pihak ketiga yang bisa diajak kerja sama," ujarnya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014