Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong warga dan kelompok masyarakat mengembangkan usaha paket wisata untuk membantu pembangunan kepariwisataan di daerah yang berada ujung barat Pulau Bangka tersebut.

"Jika hanya mengandalkan wisatawan reguler hasilnya tidak akan signifikan dan kurang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat, untuk itu perlu adanya kerja sama agar sektor lain bisa ikut menikmati hasil kunjungan wisatawan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno di Mentok, Senin.

Menurut dia, wisatawan lokal setiap tahun jumlahnya cukup banyak, namun hanya berpengaruh terhadap para pelaku usaha yang ada di sekitar lokasi atau objek wisata.

"Untuk tahun ini saja kami targetkan sebanyak 220.000 wisatawan, namun apakah itu akan berpengaruh terhadap sektor lainnya, seperti jasa transportasi, tingkat hunian hotel dan penginapan, pusat cinderamata dan lainnya," katanya.

Menurut dia, target kunjungan wisatawan sebanyak itu akan mampu dipenuhi dan diyakini akan mampu merealisasikan target pendapatan asli daerah sektor pariwisata.

"Kalau hanya untuk memenuhi target kunjungan dan PAD kami optimistis tercapai, namun yang perlu dipikirkan bersama adalah wisatawan yang bisa menggerakkan usaha sektor ikutannya, sehingga semua sektor bisa merasakan dampak positif kepariwisataan daerah " katanya.

Menurut dia, pola paket wisata bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendukung upaya tersebut.

Ia menjelaskan, warga dan kelompok masyarakat bisa mengembangkan usaha paket wisata untuk menjaring wisatawan luar daerah untuk berwisata di Bangka Barat dalam beberapa hari.

"Misalnya paket paling ekonomis tiga hari dua malam dengan memberikan fasilitas transportasi kunjungan sejumlah objek wisata, penginapan, dan cinderamata," katanya.

Dengan pola sederhana itu, wisatawan yang datang ke Bangka Barat akan merasa aman dan puas saat berkunjung dan mereka juga akan memberikan dampak terhadap sektor ikutan, baik ke usaha hotel dan penginapan, jasa transportasi, pusat oleh-oleh dan sektor lainnya.

"Kami akan mencoba mengawali dengan membina kelompok masyarakat, kami harapkan pola ini bisa berkembang dan akan semakin banyak wisatawan luar daerah yang berkunjung ke Bangka Barat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020