Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan siap menyelenggarakan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Sumatera Bagian Selatan di kota itu selama tiga hari, yakni pada 14 hingga 16 April.

"Kita sebagai tuan rumah siap melaksanakan kegiatan ini. Persiapannya pun sudah  kami lakukan sejak empat bulan ini. Dengan adanya kegiatan ini, saya harap Kota Pangkalpinang bisa semakin dikenal orang luar," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Kamis.

Ia mengatakan, pada kegiatan tersebut akan diikuti 11 wali kota dan diperkirakan mendatangkan tamu sebanyak 1.000 orang. Hal itu dipastikan dapat meningkatkan perputaran ekonomi di Pangkalpinang.

"Dengan adanya kegiatan ini, kita bisa mengambil kesempatan untuk menjual Pangkalpinang mulai dari kulinernya, UMKM, tempat-tempat wisata yang nantinya akan dikemas agar memiliki daya tarik bagi para pendatang," ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, di hari pertama para peserta akan mengikuti expo pameran dan malamnya acara di Pantai Pasir Padi. Selanjutnya pada hari kedua, melaksanakan acara rapat koordinasi wilayah dengan mendatangkan ekonom nasional.

Sementara untuk istri wali kota pada hari kedua, akan mengelilingi Kota Pangkalpinang dan mengunjungi Museum Timah, dekranasda, pabrik getas dan museum cual. Untuk malam harinya akan dilaksanakan carnival night dan hiburan artis ibu kota di Alun-Alun Taman Merdeka.

Untuk hari ketiga, akan dilakukan dengan kegiatan penanaman pohon di hutan kota dan para tamu diajak untuk mencicipi buah-buahan dari hasil perkebunan masyarakat Kelurahan Tua Tunu.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020