Sungailiat (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Rustamsyah minta seluruh masyarakatnya meningkatkan kepedulian dan membersihkan lingkungan pesisir pantai agar terjaga kelestarian dan keindahannya.

Hal itu disampaikannya di Sungailiat, Senin, pada kegiatan sadar bersih laut yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung di kawasan wisata pantai Air Anyir, Kecamatan Merawang.

"Laut dan semua yang ada di pantai adalah anugerah dan kelestarian lingkungan harus terus dijaga agar bisa dinikmati hingga anak cucu kita," katanya.

Dikatakannya, kearifan harus tetap ada dalam mengelola laut dan lingkungan sekitarnya karena memiliki potensi besar baik dari sektor pariwisata maupun perikanan, dan itu semua dapat dimanfaatkan hingga masa depan.

"Pantai Air Anyir masih benar-benar indah dan terjaga dari kegiatan sektor lain seperti penambangan bijih timah," ujarnya.

Menurutnya, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan Pemerintah Kabupaten Bangka. Sektor pariwisata harus dikelola dengan maksimal dan terpadu agar memberikan kontribusi baik ke daerah maupun langsung ke masyarakat.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pertambangan dan Energi Setdakab Bangka, Rofiko mengatakan kegiatan gerakan sadar bersih laut di Pantai Air Anyir dilakukan dalam rangka Hari Nusantara untuk meningkatkan sektor kelauatan sehingga bisa menjadi penggerak perekonomian masyarakat.

"Kegiatan sadar bersih laut ini dapat mengoptimalkan masyarakat dalam pelestarian lingkungan secara terus menerus untuk pelestarian lingkungan," katanya.

Pada kesempatan itu pihaknya juga menyerahkan bantuan alat kebersihan dan bibit pohon kepada para pelajar, dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014