Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan langsung ketersediaan bahan pangan pokok untuk memastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Selain memantau ketersediaan, kami juga melakukan pemantauan harga di beberapa toko dan gudang yang ada di Kecamatan Mentok," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Minggu.

Menurut dia, pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan pokok tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kondisi riil dan tidak ada lonjakan harga.

"Sampai sejauh ini tidak ada kenaikan harga yang melonjak, ada beberapa barang yang mengalami kenaikan namun masih dalam taraf wajar," katanya.

Menurut dia, pola pengawasan dan pemantauan kebutuhan bahan pangan pokok tersebut penting dilakukan guna mengantisipasi lonjakan harga di tengah wabah yang terjadi saat ini.

Pihaknya akan terus melakukan pemantauan persediaan dan harga di beberapa distributor, gudang dan toko untuk memastikan dalam kondisi yang stabil.

"Kami hanya menjalankan tugas untuk memastikan bahwa harga kebutuhan barang-barang pokok tetap stabil, sesuai standar dan tidak ada penimbunan," katanya.

Sampai sejauh ini, kata dia, semua kebutuhan bahan pangan di daerah itu masih dalam keadaan aman, dan pengecekan harga ini terus dilakukan setiap hari secara bergantian.

Ia berharap persediaan dan stabilitas harga bahan pokok di Kabupaten Bangka Barat tetap stabil dan tidak terjadi kelangkaan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020