Hasil uji sampel swab atau cairan tenggorokan 12 pasien dalam pengawasan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dinyatakan negatif virus corona baru atau COVID-19 berdasarkan hasil uji laboratorium di pusat Biomedis Kementerian Kesehatan.

Direktur RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung, dr. Hendra, Sp.An di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan spesimen tersebut merupakan milik dari 12 pasien terdiri dari satu pasien positif COVID-19, tujuh pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan hasil Rapid test reaktif dan empat pasien PDP.

Dengan keluarnya hasil pemeriksaan PCR artinya sampai saat ini di Pulau Belitung pasien positif COVID-19 tetap tidak mengalami perubahan yaitu satu pasien yaitu pasien 034, ujarnya.

Ia menjelaskan, hasil pemeriksaan tersebut di dalamnya juga termasuk sampel swab milik pasien nomor 34 positif COVID-19 untuk pemeriksaan ketiga yang kalinya dengan hasil negatif.

"Artinya kami hanya tinggal menunggu satu kali lagi pemeriksaan PCR 034 jika hasilnya negatif maka pasien positif COVID-19 pertama di Bangka Belitung ini akan sembuh," ujarnya.

Sedangkan kabar baik lainnya adalah berdasarkan hasil uji laboratorium pasien nomor 44 yang merupakan anak dari pasien nomor 34 terkonfirmasi positif COVID-19 hasilnya juga negatif.

"Artinya kita sangat yakin anak tersebut tidak terinfeksi virus COVID-19 dan dapat segera kami pulangkan ke rumah setelah mendapat perawatan di ruangan isolasi B RSMJ," katanya.

Dikatakannya, sejauh ini RSUD Marsidi Judono Belitung sedang merawat tujuh pasien diantaranya lima PDP, satu ODP dan satu pasien COVID-19 positif di ruang isolasi B.

"Dan semua pasien yg dirawat dalam kondisi baik dan stabil tidak ada yang sakit berat sampai membutuhkan perawatan dengan bantuan ventilator ataupun alat kedokteran canggih lainnya. Bahkan seluruh pasien sudah tidak terpasang infus dan tidak dipasang selang oksigen," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020