Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan sebagian daratan di wilayah Bangka Belitung (Babel) berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada Jumat (31/10).

"Dari pantauan cuaca, empat dari tujuh kabupaten dan kota di Babel berpotensi turun hujan, namun masih dalam kategori ringan," kata Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, keempat kabupaten dan kota tersebut yakni Kabupaten Bangka, Belitung, dab Kabupaten Bangka Selatan serta Kota Pangkalpinang.

"Sedangkan tiga kabupaten lainnya yakni Kabupaten Bangka Barat, Belitung Timur dan Kabupaten Bangka Tengah kondisi cuaca hanya berawan namun belum ada potensi hujan," ujarnya menambahkan.

Menurut dia, sejauh ini belum ada prakiraan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah daratan provinsi kepulauan itu.

Lebih jauh ia menyebutkan secara keseluruhan kecepatan angin di daratan di Babel mencapai 24 kilometer per jam dan berhembus dari arah Timur menuju Selatan.

"Kecepatan angin di daratan ini sedikit mengalami penurunan dari beberapa hari sebelumnya yang kecepatannya mencapai hingga 27 kilometer per jam," ujarnya.

Sementara itu, lanjut Rivai, kondisi gelombang laut di jalur pelayaran Babel diprakirakan mencapai ketinggian maksimum dua meter.

"Ketinggian gelombang laut ini berpotensi terjadi di Selat Karimata dan Selat Gelasa dengan kecepatan angin mencapai 33 kilometer per jam," katanya.

Ia menambahkan ketinggian gelombang di perairan itu juga sedikit lebih rendah dibanding sebelumnya yang mencapai hingga 2,5 meter.

"Walaupun ketinggian gelombang laut di perairan ini mulai turun namun kami tetap mengimbau nelayan tradisional untuk tetap waspada mengingat kondisi cuaca di perairan ini terkadang sering berubah-ubah," ujarnya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014