Kelapa, Bangka Barat (Antara Babel) - Desa Sinarsari, Kabupaten Bangka Barat akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat nasional yang akan digelar pertengahan November 2014.

"Sinarsari akan berlomba di tingkat nasional setelah menyingkirkan ratusan desa yang berasal dari tujuh kabupaten/kota se Babel. Kami harapkan dukungan dari masyarakat dan pemkab agar mampu berprestasi di tingkat nasional," ujar Kepala Desa Sinarsari, Zarmindi di Kelapa, Jumat.

Ia mengatakan, keberhasilan Sinarsari meraih peringkat pertama sebagai desa ber-PHBS tingkat Babel tidak luput dari partisipasi masyarakat dalam mengubah pola hidup yang memenuhi beberapa indikator yang sudah ditentukan.

"Selain itu bantuan pemkab dalam memenuhi indikator desa mandiri juga cukup memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti ketersediaan jamban sehat di setiap rumah yang dilakukan dengan pola arisan," kata dia.

Dikatakannya, pada 2012 desa tersebut telah dicanangkan menjadi salah satu desa mandiri di Bangka Barat dan sejak saat itu juga pemerintah desa, pemkab bersama warga desa berkomitmen untuk menjadikan desa sinar sari menjadi desa yang memenuhi indikator desa mandiri.

"Indikator global dari desa mandiri ada empat indikator yaitu sehat badannya, cerdas otaknya, tenang jiwannya, dan mandiri secara ekonomi. Kami terus menggenjot berbagai program untuk memenuhi indikator itu dan setelah berjalan dua tahun bisa dirasakan manfaatnya," katanya.

Ia menjelaskan, Desa Sinarsari ditetapkan sebagai desa mandiri dengan sektor perkebunan sebagai andalannya.

"Untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, kami saat ini masih mengharapkan kepeda dinas terkait untuk terus memberikan bimbingan kepada pemdes dan masyarakat agar pencapaian indikator semakin meningkat," katanya.

Selain itu, diharapkannya instansi terkait untuk memberikan masukan-masukan terkait dengan pencapaian keberhasilan indikator yang ada di dalam program desa mandiri ini.

Hal ini dikatakan Zarmindi pada kegiatan Bangka Barat Betason di desa sinar sari ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bangka Barat H Sukirman, sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat dan ratusan warga desa setempat.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014