Ratusan warga di Kecamatan Pemali, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ikut rapid test COVID-19, sebagai upaya memutus rantai penyebaran wabah virus tersebut sampai ketingkat kecamatan.

Juru Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan COVID-19 Pemerintah Kabupaten di Sungailiat, Sabtu melalui pesan resminya mengatakan, ratusan warga yang ikut rapid test COVID-19 secara gratis di Kecamatan Pemali, merupakan kegiatan di hari kedua dari kegiatan sama yang sebelumnya digelar di Kecamatan Merawang, Kamis (14/5).

"Dijadwalkan rapid test juga akan dilakukan di Kecamatan Sungailiat dan di Kecamatan Belinyu masing-masing kuato rapid test sebanyak 300 orang," kata Boy Yandra.

Dikatakan, rapid test COVID-19 gratis dengan jumlah yang dibatasi itu diselenggarakan oleh tim Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.
 
Proses rapid test COVID-19 di Kecamatan Pemali (babel.antaranews.com/kasmono)

"Masyarakat umum baik ASN, TNI Polri maupun kelompok suatu jamaah dapat ikut rapid test selama kuota masih ada," katanya.

Boy Yandra mengatakan, rapid test COVID-19, yang menyasar sampai ke lapisan masyarakat kecamatan merupakan upaya keseriusan pemerintah mencegah atau memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Hasil rapid test itu digunakan untuk mengetahui tingkat perkembangan penyebaran COVID -19 disuatu wilayah kecamatan, serta menjadi dasar pemetaan tim gugus melakukan pencegahan," jelasnya.

Menurutnya, efektivitas pencegahan penyebaran COVID-19 adalah dengan meningkatkan kedisplinan warga masyarakat dalam mentaati anjuran protokol kesehatan percepatan penanganan COVID-19.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020