Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan ratusan paket sembako untuk membantu ekonomi para petugas Pelabuhan Muntok Kabupaten Bangka Barat yang terdampak COVID-19.

"Kami berharap bantuan sembako dari sumbangan ASN Pemprov Kepulauan Babel, TNI, Polri ini bermanfaat dan dapat meringankan beban petugas pelabuhan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan kehadiran kami bersama Kapolda Kepulauan Babel di Pelabuhan Muntok kali selain memberikan bantuan sembako juga memantau kondisi pelabuhan, serta untuk menyosialisasi COVID-19, agar wabah ini cepat berakhir.

"Kita semua harus memutuskan mata rantai penyebaran virus ini, dengan melaksanakan anjuran pemerintah, yaitu pakai masker, jaga jarak, tidak mendekati kumpulan orang banyak, karena virus ini menular melalui air ludah, batuk, bersin, bersentuhan dan sejenisnya," ujarnya.

Kapolda Kepulauan Babel, Brigjen Pol. Anang Syarif Hidayat mengatakan dalam waktu dekat pemerintah akan menerapkan sistem bagi pedagang menjelang lebaran agar berdagang dengan sistem genap ganjil dalam upaya untuk mencegah terjadinya kepadatan di pasar.

"Kami ingin menyosialisasikan khususnya kepada aparat di sini untuk masalah penerapan menjaga jarak atau 'keep the distance' . Pelaksanaan pasar saat ini masih merapat," katanya.

Oleh karena itu, kami bersama pemerintah daerah untuk menerapkan dengan memberikan nomor ganjil, genap, kepada pedagang yaitu pedagang dapat nomor ganjil berjualan di tanggal ganjil, yang dapat nomor genap bejualan di nomor genap, sehingga tidak terjadi kepadatan di daerah pasar.

"Ini kita lakukan untuk mencega penularan COVID-19," katanya.

Kadishub Provinsi Kepulauan Babel, K.A. Tajuddin mengatakan paket sembako ini berasal dari ASDP sebanyak 150 paket, dari BPTD 50 paket, KSUP Mentok 50 paket, dan sebanyak 30 paket dari Korpri Dinas Perhubungan Mentok.

"Kita berharap bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang terdampak COVID-19. Harapan kita dengan adanya bantuan ini bisa meringankan, walaupun nilainya tidak seberapa, apa lagi saat ini menjelang lebaran," ungkapnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020