Muntok (Antara Babel) - Ratusan pelajar dari tiga sekolah di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang Pantai Baturakit, Sabtu.

"Kami harapkan kerja bakti seperti ini terus berjalan dan secara bergantian bisa dilakukan di seluruh objek wisata sehingga semakin nyaman dikunjungi," ujar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Hubparbud dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Sukandi di sela-sela kegiatan itu.

Ia menjelaskan, kegiatan bersih-bersih Pantai Baturakit yang berada persis di sebalah Pelabuhan Tanjungkalian Muntok itu merupakan inisiatif dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Wisata Bangka Barat di bawah arahan ketuanya, Abang Faizal.

Menurut dia, kepedulian terhadap objek wisata seperti yang dilakukan kelompok masyarakat seperti itu perlu mendapatkan apresiasi dan didukung agar keindahan, kenyamanan dan kelestarian objek wisata tetap terjaga.

"Kesadaran akan aset wisata seperti ini perlu didukung dan dikembangkan, karena bagaimanapun pemerintah butuh kerja sama dengan masyarakat untuk membangkitkan pariwisata daerah," kata dia.

Menurut dia, ke depan kalau memungkinkan kegiatan sosial untuk membangkitkan pariwisata seperti yang dilakukan kelompok masyarakat dan pelajar seperti itu akan ditingkatkan intensitasnya dan tidak hanya di Pantai Baturakit.

"Kalau bisa sebulan dua kali dilakukan hal seperti ini, bisa mengambil lokasi pantai, objek wisata sejarah di dalam kota atau di Pesanggrahan Menumbing, upaya ini kami nilai cukup bagus untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga aset wisata yang ada," kata dia.

Kepala Dinas Hubparbud dan Informatika Kabupaten bangka Barat, Rozali mengatakan ke depan kemungkinan pihaknya akan melibatkan para pegawai di lingkungan pemkab setempat, minimal sebulan sekali bersih-bersih objek wisata.

"Teknisnya yang memungkinkan pada Jumat, sekalian pegawai senam setelah itu dilanjutkan dengan bersih-bersih sampah," kata dia.

Selain mengerahkan seluruh pegawai, kata dia, pihaknya juga sedang mempertimbangkan untuk menambah jumlah pegawai honor yang dtempatkan di objek wisata.

"Untuk menjaga kebersihan Pantai Baturakit saat ini sudah ditempatkan dua orang, namun kenyataannya masih kurang maksimal karena tidak sebanding dengan luas lokasi, ke depan mungkin akan kami tambah," kata dia.

Ia mengharapkan upaya dari kelompok masyarakat seperti yang dilakukan LSM Paduli Wisata terus berkembang sehingga Bangka Barat, khsususnya Muntok semakin siap menerima wisatawan yang semakin hari terus meningkat jumlahnya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014