Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan tes swab polymerase chain reaction (PCR) secara massal dan gratis bagi masyarakat di Posko Gugus Tugas COVID-19 Kota Pangkalpinang, Rabu pagi.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), mengatakan tes swab massal ini diutamakan masyarakat yang diduga kontak dengan pasien positif COVID-19 berdasarkan hasil tracking.  

"Alhamdulillah, ternyata hari ini ada masyarakat yang proaktif ingin melaksanakan tes swab dengan kesadaran sendiri, di Pangkalbalam sudah berlangsung. Saat saya tanya sama mereka kenapa mau tes swab, jawabannya karena tidak mau menularkan virus ini kepada orang lain," katanya.

Dengan dilaksanakannya tes swab massal ini, pihaknya optimis Kota Pangkalpinang akan segera menuju zona hijau.

"Jadi saya imbau kepada seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang yang merasa terkena, merasa ragu dengan kondisi tubuhnya dan was-was atau melakukan kontak dengan yang positif COVID-19. Silahkan datang ke kami, gratis tanpa dipungut biaya," katanya.

Ia mengatakan, untuk hasil swab sementara ini akan dibawa ke Litbangkes Palembang sambil menunggu alat PCR yang sudah dianggarkan.

"Untuk plan B, Pemkot Pangkalpinang akan bekerjasama dengan RSBT, sambil menunggu proses itu berlangsung. Kita tidak mau mengambil resiko, kita cepat kirim hasil swab ke Litbangkes Palembang," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020