Pejabat Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, optimistis sektor pariwisata di wilayah itu mampu kembali normal setelah pemerintah menerapkan tatanan normal baru.

"Sektor kepariwisataan di Kabupaten Bangka akan berangsur normal meskipun baru sebagian pengelola hotel dan objek wisata yang baru dibuka untuk pengunjung," Kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudataan Kabupaten Bangka, Asep Setiawan di Sungailiat, Selasa.

Ia menjelaskan prioritas utama untuk kunjungan wisatawan, baik tamu hotel atau pengunjung objek wisata seperti pantai, adalah pengunjung dalam kota atau masyarakat lokal.

"Selama pandemi COVID-19 dan mencegah penyebaran virus itu, kami minta pengelola hotel atau pengunjung objek wisata mengutamakan wisatawan lokal," katanya.

Asep mengakui sampai saat ini baru sejumlah hotel di Kota Sungailiat yang sudah beraktivitas seperti hotel Tanjung Pesona begitu juga objek wisata pantai yang sebagian masih tutup.

"Saya minta pengelola hotel yang sudah beraktivitas untuk menerapkan protokol kesehatan dan pengunjung pantai harus memakai masker dan menjaga jarak," katanya.

Menurut dia, prioritas tamu atau pengunjung wisatawan lokal sudah menjadi keputusan bersama dengan pelaku usaha sektor pariwisata untuk mencegah penyebaran COVID-19.






 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020