Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil mengumpulkan 128 kantong darah pada kegiatan sosial donor darah memperingati Hari Donor Darah se-Dunia 2020 di daerah itu.

"Alhamdulillah, kita berhasil mengumpulkan 128 kantong darah atau lebih dari target yang ditetapkan sebanyak 100 kantong darah," kata Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyono di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan sebanyak 128 kantong darah yang berhasil dikumpulkan tersebut terdiri dari golongan darah A sebanyak 38, B 43, O 38 dan golongan darah AB 9 kantong darah, sehingga dapat membantu rumah sakit dalam memenuhi kebutuhan pasien yang cukup tinggi selama pendemi COVID-19.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana yang walaupun persiapan hanya satu pekan dan dalam kondisi normal baru di tengah pandemi COVID-19, aksi sosial ini dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Menurut dia jumlah pendonor yang datang ke PMI Pangkalpinang sebanyak 170 orang. Namun, PMI hanya mengambil darah 128 orang, selebihnya tidak bisa diambil darahnya karena beberapa faktor, seperti hemoglobin (HB), tensi rendah, berat badan kurang dan lain sebagainya.

"Terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat Babel yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah kali ini, karena walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19, dengan sukarela datang ke PMI Pangkalpinang untuk mendonorkan darah, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan COVID,-19 seperti dengan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak," katanya.

Ia menambahkan selain mendapatkan 128 kantong darah dalam giat sosial donor darah kali ini, PMI Pangkalpinang juga berhasil mengumpulkan sebanyak 40 kantong darah dari jajaran Polres Pangkalpinang, dengan rincian golongan darah A = 14, B = 9, O = 8, dan golongan darah AB = 9.

"Kami akan kembali menggelar sosial donor darah ini di Mapolda Babel pada tanggal 22 dan 23 Juni, lalu di Mapolres Pangkalpinang tanggal 24 Juni, di Makorem 045/ Garuda Jaya tanggal 25 Juni, dan 29 Juni di BNN Kota Pangkalpinang," demikian Wahyono.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020