Kepolisian resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil mengumpulkan sebanyak 48 kantong darah dari kegiatan donor darah massal yang diikuti TNI-Polri pada Selasa (23/6).

"Puluhan kantong darah tersebut disalurkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan melalui PMI setempat," kata Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan melalui Wakapolres Kompol. Faisal F di Sungailiat, Rabu.

Dikatakan, 48 kantong darah dengan berbagai jenis masing-masing golongan darah A sebanyak 10 kantong, golongan arah B sebanyak 12 kantong, golongan darah O sebanyak 22 kantong dan golongan darah AB sebanyak empat kantong.

Menurutnya, gerakan donor darah massal bagian dari serangkaian kegiatan memperingati HUT Polri ke 74 yang  jatuh tempat tanggal 1 Juli 2020, selain kegiatan lain yang sudah dilakukan atau belum dilaksanakan.

"Peringatan HUT Polri ke 74 atau di tengah pandemi COVID-19,  diperbanyak dengan menggelar kegiatan bakti sosial seperti, pembagian ribuan paket sembako bagi warga kurang mampu, anak yatim piatu maupun rapid test COVID-19 untuk anggota Polri dan TNI," jelasnya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada TNI AD dan TNI AL dari masing-masing satuan di wilayah itu yang ikut berperan mendukung pelaksanaan kegiatan bakti sosial memperingati HUT Bhayangkara ke 74.

"Saya memberikan apresiasi besar dengan TNI AD baik dari satuan Kompi Senapan B  141 AYJP dan Koramil Sungailiat serta TNI AL yang ikut berpartisipasi kegiatan sosial donor darah dan rapid test," jelasnya.

Di tengah pandemi COVID-19, polri turut terlibat melakukan pencegahan penyebaran wabah itu, mulai dari sosialisasi penerapatan protokol kesehatan di masyarakat sampai pembentukan "Kampung Tegep Mandiri" di tingkat desa sampai pada mendorong masyarakat memperkuat ketahanan pangan.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020