Sebanyak dua pasien positif COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinyatakan sembuh dari virus corona baru (COVID-19) sehingga total kasus positif COVID-19 di daerah itu menjadi 10 kasus.

"Sampai saat ini pusat deteksi dan isolasi COVID-19 RSUD sedang merawat 10 pasien positif dan tujuh PDP," kata Bupati Belitung Sahani Saleh melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Tanjung Pandan, Sabtu.

Ia menjelaskan pasien yang dinyatakan sembuh tersebut berinisial DP, laki-laki usia 26 tahun dan SD, perempuan berusia 54 tahun.

Dia mengatakan DP pasien positif ketujuh COVID-19 yang ditemukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan telah menjalani perawatan selama 40 hari di RSUD Marsidi Judono Belitung.

Selain itu, SD pasien kedelapan yang ditemukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan telah menjalani perawatan selama 35 hari di RSUD Marsidi Judono Belitung.

"Selama perawatan dilakukan beberapa kali 'follow up' (tindak lanjut) pemeriksaan PCR dan dua hasil pemeriksaan 'swab' (usap) PCR terakhir didapatkan hasil negatif maka dengan hasil tersebut pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19," ujarnya.

Penatalaksanaan selanjutnya terhadap kedua pasien sembuh tersebut, dilakukan swaisolasi sesuai dengan ketentuan terkait dengan pencegahan dan penanganan COVID-19 yang berlaku.

"Selama diisolasi kondisi pasien juga sehat tidak ditemukan adanya gejala klinis COVID-19," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020