Koba (Antara Babel) - Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Zamhari menyatakan pesisir pantai Kurau dan Penyak merupakan kawasan wisata potensial namun belum digarap secara optimal.

"Sebenarnya panorama alam di Penyak dan Kurau sangat bagus, alam sudah membentuk kawasan ini dengan eksotis, hanya tinggal memanfaatkan potensi yang ada sehingga memiliki daya tarik tersendiri," ujarnya di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, Dinas Pariwisata mesti membenahinya dengan melengkapi fasilitas pendukung dan mengubah perilaku masyarakatnya.

"Misalnya di sepanjang Pantai Penyak sebenarnya sangat cocok dikembangkan wisata kuliner, dimana wisatawan bisa menikmati aneka makanan khas daerah sembari melihat panorama alam pantai yang cukup indah," ujarnya.

Ia mencontohkan, pedagang yang berjualan di sepanjang Pantai Penyak harus ditata dengan baik dan dibina menjadi tuan rumah yang ramah terhadap tamu.

"Selain itu, masalah kebersihan harus menjadi perhatian karena wisatawan akan enggan berlama-lama berada di objek wisata kalau lokasinya kumuh," ujarnya.

Demikian juga dengan pelayanan di sebuah warung kuliner kata dia harus lebih ramah, karena keramahan membuat wisatawan terkesan.

"Sementara di Desa Kurau ini sebenarnya sangat potensial, karena menjadi gerbang masuk menuju objek wisata Pulau Ketawai. Dari Desa Kurau juga bisa memandang panorama alam matahari terbenam di senja hari," ujarnya.

Pihaknya siap memperjuangkan anggaran di DPRD untuk membenahi Penyak dan Kurau menjadi daerah tujuan wisatawan lokal dan mancanegara.

"Kami siap perjuangkan anggarannya agar sektor pariwisata bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah," katanya.

Pewarta: Oleh: Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014