Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepolisian Resor Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung menggelar upacara gelar pasukan Operasi Zebra Menumbing di halaman Mapolres Pangkalpinang, Selasa.    
    
"Kegiatan Operasi Zebra Menumbing yang akan kami gelar mulai besok  akan dibantu oleh beberapa instansi yakni Dinas Perhubungan dan Kesbangpol. Kegiatan tersebut akan kami laksanakan selama 14 hari hingga 9 Desember 2014," ujar Waka Polres Pangkalpinang, Kompol Leonardo Simatupang, Selasa.

Ia mengatakan, Operasi Zebra Menumbing dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondisi aman menjelang Natal dan Tahun Baru serta untuk meningkatkan pencitraan dan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian.

Dalam Operasi Zebra Menumbing kali ini pihaknya menargetkan terwujudnya kamtibmas dengan berkurangnya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta berkurangnya korban jiwa dan kerugian materil.

"Sasaran kami dalam operasi kali ini adalah para pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, melawan arus dan menggunakan kendaraan yang tidak layak pakai," ungkapnya.

Ia menyebutkan, beberapa tindakan yang akan diambil dalam operasi tersebut di antaranya preemtif dengan melaksanakan pemberitahuan, penyuluhan serta mengimbau lewat media cetak untuk kesadaran pengguna jalan.

Sedangkan untuk tindakan preventif dengan pengaturan di jalanan, penjagaan, patroli, pengawasan dan pelayanan kepada pengendara. Selain itu juga ada tindakan refresif yakni penegakkan hukum dengan menindak para pelanggar di jalan.

"Berdasarkan data Operasi Zebra pada 2013 kemarin, sebanyak 1.473 pelanggaran dengan 61 laka lantas yang terjadi. Maka dari itu, angka tersebut harus dikurangi dengan meningkatkan jalinan kemitraan kepada seluruh komponen masyarakat hingga terwujudnya sinergitas serta menjunjung tinggi kode etik Polri setiap melaksanakan tugas," katanya

Pewarta: Oleh: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014