Sungailiat (Antara Babel) - Kepolisian Resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Operasi Zebra Menumbing 2014 untuk menciptkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas menjelang Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Bangka AKBP I Bagus Rai Erlyanto dalam gelar Operasi Zebra Menumbing 2014 di Sungailiat, Rabu, mengatakan kegiatan dilakukan secara terpadu dengan melibatkan sejumlah unsur dari dinas terkait mulai dari Lanal Babel, Brimob Polda Babel, Kompi Senapan B 141 Sungailiat, UPT Satpam Sungailiat, Damkar PU serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.    
    
"Masalah lalu lintas jalan raya semakin berkembang seiring dengan berkembanganya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memperlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup," katanya.

Ia mengatakan kegiatan rutin setiap tahun ini dilaksanakan mulai 26 November sampai dengan 9 Desember 2014.

"Teknis di lapangan dalam pelaksanaan operasi ini, mengedepankan penindakan terhadap perlanggaran lalu lintas sebesar 60 persen didukung kegiatan preemtif sebesar 20 persen serta preventif 20 persen , yang dilaksanakan secara selektif proritas terhadap pengendara dan pengemudi kendaraan bermotor yang berpotensi menyebabkan laka lantas," jelasnya.

Berdasarkan pada data hasil operasi Zebra Menumbing 2013 lalu kata dia, angkat kecelakaan lalu lintas cukup tinggi, yakni 7.846 kasus pelanggaran dengan rincian 7.430 tilang dan 410 teguran yang didominasi oleh pelajar dan swasta dengan sebanyak enam orang meninggal dunia.

"Kami berharap kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dapat mewujudkan tujuan menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas" ujarnya.

Pewarta: Oleh: Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014