Mahasiswa asal Universitas Bangka Belitung (UBB), menggelar kegiatan pengabdian masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik angkatan XV UBB Tahun 2020 di Kelurahan Matras, Kabupaten Bangka.

Ketua KKN Tematik XV UBB, Orie Fachridho melalui pesan resmi, Minggu mengatakan, KKN Tematik  merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terfokus pada bidang tertentu.

"Orientasi program kegiatan disesuai dengan permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah daerah," katanya.

Dikatakan, KKN Tematik berbasis problem solving untuk memecahkan masalah, dengan tema tertentu, sehingga kegiatan mahasiswa terfokus untuk mengatasi masalah dan untuk mencapai target tertentu sesuai dengan permasalahannya.

"Program KKN  dilakukan untuk mengoptimalkan pencapaian maksud dan tujuan perguruan tinggi, yakni menghasilkan sarjana yang menghayati permasalahan masyarakat dan mampu memberi solusi permasalahan secara pragmatis," jelasnya.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan mampu  membentuk kepribadian mahasiswa sebagai kader pembangunan dengan wawasan berfikir yang komprehensif.

"Kegiatan KKN juga sebagai wadah untuk mempertemukan mahasiswa dari jurusan  berbeda dari perguruan tinggi yang sama dengan dipadu oleh seorang pembimbing lapangan," katanya.

Dia mengatakan, peserta KKN akan mengikuti kegiatan sesuai tahapan mulai dari pendaftaran, seleksi, pembinaan dan kegiatan lainnya.

Sementara Lurah Matras, Ridwan memberikan apresiasi KKN XV 2020 UBB di wilayah kerjanya karena diharapkan mampu membantu pihaknya dalam menggali dan mengembangkan potensi di wilayah setempat.

"Banyak program yang dapat disinergikan guna optimalisasi  pengembangan dan menggali lagi potensi yang ada secara berkelanjutan," katanya.

Ia berharap, ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa itu dapat dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat Kelurahan Matras.

"Saya menyarankan seluruh peserta KKN untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020