Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah mengkritisi jumlah personel Panitia Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia di lingkungan pemerintah provinsi itu yang terlalu banyak padahal acara dilaksanakan secara sederhana.

"Di tengah pandemi COVID-19 ini, penyelenggaraan HUT RI tahun ini dilakukan secara sederhana jadi tidak perlu personel panitia banyak," kata Abdul Fatah usai Rapat Pemantapan Panitia HUT Ke- 75  RI di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan penyelenggaraan rangkaian kegiatan HUT Ke-75 RI  tahun ini lebih mengedepankan protokol kesehatan COVID-19, guna menimalkan  kegiatan bersifat mengumpulkan orang sebagai antisipasi dini pemerintah mencegah penularan virus itu.

"Perayaan tahun ini tidak perlu panitia yang cukup banyak, karena hanya diselenggarakan secara sederhana dan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19," ujarnya.

Menurut dia, dalam rapat pemantapan panitia HUT RI tahun ini ada hal yang menarik, terkait format kepanitiaan banyak dan panjang yang disusun, sehingga perlu disederhanakan mengingat kegiatan tahun ini cukup sederhana.

Sedangkan untuk rangkaian kegiatan formal seperti menaikkan dan penurunan bendera, renungan suci, dan kegiatan semi formal seperti tabur bunga tetap sesuai kesepakatan rapat minggu lalu.

"Peringatan HUT RI tahun lalu memang totalitas kegiatan menyeluruh. Namun tahun ini sebaliknya, disederhanakan tidak perlu panitia yang banyak," katanya.

Sekretaris DPRD Provinsi Kepulauan Babel, Syaifuddin mengatakan terkait pelaksanaan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan dilaksanakan sesuai acara dengan total undangan yang diperkirakan sejumlah 80 orang, terdiri dari Forkopimda dan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Babel.

Sementara itu, kegiatan renungan suci, akan dilakukan pada Minggu 16 Agustus pukul 00.00 WIB di TMP Pawitralaya, dengan peserta lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya, yakni barisan kelompok perwira 40 orang saja dan barisan pasukan empat pleton saja.

"Kegiatan tabur bunga akan dilakukan pada 17 Agustus setelah upacara virtual, dilaksanakan di Dermaga Pelindo, dengan undangan Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel, diperkirakan pukul 14.00 WIB telah selesai," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020