Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun gedung perpustakaan modern dengan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Pembangunan gedung saat ini sedang berjalan, berlokasi di Pal2 Mentok, lokasi itu cukup representatif dan kami yakin ke depan akan menjadi sebuah wahana menyenangkan karena perpustakaan dilengkapi fasilitas pendukung lain yang cukup menarik untuk dikunjungi," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat Ismantho di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan pembangunan gedung dua lantai tersebut anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus pada 2020 dengan nilai Rp9.935.605.000.

"Anggaran itu hanya untuk gedung, kami juga akan melengkapi fasilitas pendukung, seperti buku, pagar, selasar, jalan, tempat parkir, sarana dan prasarana lain," ujarnya.

Ismantho menjelaskan untuk mendapatkan anggaran pembangunan gedung perpustakaan modern tersebut, Pemkab Bangka Barat harus bersaing dengan daerah lain di seluruh Indonesia karena sampai saat ini hanya sekitar lima lokasi yang mendapatkan anggaran tersebut.

"Daerah ini mendapatkan anggaran itu karena dinilai memenuhi kriteria, seperti minat baca masyarakat, tingkat literasi dan semangat daerah yang tinggi untuk mendapatkan anggaran tersebut ditambah kesiapan lahan yang sudah ada," katanya.

Selain sudah siap, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat juga menyatakan kesanggupan melakukan pemeliharaan perpustakaan modern yang akan menampilkan sejumlah ornamen khas Bangka Barat di beberapa bagian gedung tersebut

Ia berharap, dengan adanya perpustakaan modern menambah wawasan masyarakat, meningkatkan literasi, sekaligus menyiapkan generasi muda profesional.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020