Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera membangun dermaga tambatan perahu nelayan di Desa Penyak, Kecamatan Koba.

"Akan segera kita bangun dermaga tambatan perahu untuk memudahkan para nelayan merapat dan membongkar ikan hasil tangkapan mereka," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan pembangunan dermaga tambatan perahu tersebut direncanakan pada 2021 dengan panjang sekitar 150 meter dan diperkirakan menyedot dana Rp800 juta.

"Desa Penyak hingga Terentang merupakan kawasan pesisir yang 90 persen warganya adalah nelayan sehingga dermaga merupakan fasilitas penting untuk memudahkan para nelayan merapat dan turun melaut," ujarnya.

Ia mengatakan Penyak memang sejak awal diproyeksikan sebagai desa nelayan, budi daya, industri dan desa wisata yang harus disiapkan fasilitas pendukungnya.

Menurut Ibnu Saleh, keberadaan dermaga ini sangat penting karena selama ini perahu para nelayan hanya sandar di sepanjang pantai dengan diangkat ke darat atau ditambat pada kayu di pinggir pantai.

Sementara Sekretaris Desa Penyak, Erik mengatakan pembangunan dermaga tambatan perahu sudah diusulkan sejak 2017 dan sekarang sudah mendapat respon positif dari pemerintah daerah.

"Dermaga ini kami nilai penting untuk mempermudah akses perahu nelayan dan tentu saja mampu menjawab keluhan nelayan yang selama ini kesulitan untuk menambatkan perahu mereka," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020