Anggota Penasihat Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bidang pariwisata, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Ipang Wahid, menilai rendahnya kasus positif COVID-19 di Kabupaten Belitung dibandingkan destinasi lain menjadi modal bagi promosi kepariwisataan daerah itu.

"Penyebaran COVID-19 di Belitung termasuk terendah secara nasional sementara orang-orang yang mau liburan memperhatikan itu karena daerah yang masih zona merah mereka tidak berani," katanya di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, Belitung harus mengkampanyekan secara masif potensi yang dimilikinya termasuk pula mengkampanyekan bahwa COVID-19 di Belitung sangat rendah.

Kondisi ini, kata Ipang, sangat menguntungkan bagi Belitung bila dibandingkan destinasi-destinasi lain seperti di wilayah Bali, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Solo.

"Jadi ini adalah salah satu kelebihan Belitung sehingga harus dikomunikasikan ke luar," ujarnya.

Ipang yang juga mendapatkan tugas dari Jokowi untuk memimpin tim percepatan lima destinasi super prioritas di Indonesia menyarankan agar Belitung terus mempromosikan potensi melalui digital.

Misalnya, lanjut dia, letak geografis Belitung yang sangat dekat dengan Jakarta, harga tiket pesawat sangat terjangkau dan keindahan alamnya.

Sehingga nanti tantangannya adalah bagaimana orang biaa tahu bahwa Belitung punya banyak wisata potensi seru, harga terjangkau, jarak dekat, kulinernya banyak dan aman dikunjungi.

"Misalnya ada "branding" Belitung terindah, COVID-19 terndah," katanya.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020