Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyediakan cadangan lahan sektor pertanian seluas 30 ribu hektare untuk mewujudkan program ketahanan pangan daerah.

"Kami sudah menyediakan cadangan lahan pertanian untuk seluas 30 ribu hektare yang tersebar di sejumlah wilayah kabupaten," kata Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Sungailiat, Sabtu.

Dalam waktu dekat, kata gubernur, akan segera dilakukan koordinasi ke semua pemerintah daerah di provinsi itu guna menetapkan langkah strategis pengembangan ketahanan pangan.

"Gerak cepat ini kami lakukan agar ada keseimbangan antara pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dengan pemerintah daerah di Bangka Belitung," katanya.

Gubernur optimis dengan pemanfaatkan cadangan lahan pertanian yang optimal, maka ke depannya kebutuhan pangan masyarakat Babel dapat terpenuhi secara mandiri tanpa ketergantungan pasokan dari luar.

"Dalam kondisi pandemi COVID-19 sektor pertanian sangat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat, mulai dari pengolahan hasil pertanian maupun dalam bentuk kebutuhan pangan lainnya," jelas gubernur.

Gubernur mendorong seluruh pemerintah daerah di provinsi itu untuk bersama-sama kerja keras memanfaatkan cadangan lahan pertanian yang ada di daerah masing-masing.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020