Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, mengajak masyarakat di daerah itu untuk mengisi kemerdekaan dengan bekerja dan berkarya bagi kemajuan pembangunan bangsa.

"Kita harus bersama-sama mengevaluasi apa yang harus kita perbuat dan rencana apa yang harus dibangun ke depannya dalam mengisi kemerdekaan ini," katanya, di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, dalam momentum peringatan HUT ke-75 RI masyarakat diharapkan untuk tidak terjebak dalam euforia semata, namun harus dimaknai lebih dari itu.
"Jadi harus dirumuskan apa langkah ke depan yang harus diperbuat dalam mengisi kemerdekaan misalnya adalah mencintai produk dalam negeri," ujarnya.

Sahani menambahkan, kemerdekaan adalah sebuah alat untuk mencapai kesejahteraan sehingga alat ini harus senantiasa dijaga dan dipertahankan.

Ia mengumpamakan, kemerdekaan seperti sebuah perahu yang digunakan oleh para nelayan untuk memancing ikan di laut guna menghidupi keluarga. "Bagaimana perahu ini dapat dimanfaatkan dengan baik jika komponen dan alat-alat di dalamnya tidak berfungsi dengan baik," katanya.

Untuk itu, dirinya berharap masyarakat senantiasa meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air pada momentum peringatan HUT ke-75 RI. "Karena untuk memperjuangkan kemerdekaan tidak mudah kita harus kembali melihat sejarahnya," demikian Sahani.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020