Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMG) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan daratan di daerah itu berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Senin (22/12) berlaku mulai pukul 07.00 WIB.

"Berdasarkan data, empat dari tujuh kota/kabupaten di Babel berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, sementara tiga lainnya hanya berpotensi hujan dengan intensitas ringan," kata Staf Koordinator Unit Analis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Akhmad Fadholi di Pangkalpinangm, Minggu.

Ia menjelaskan, daratan yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yaitu Sungailiat, Kabupaten Bangka dengan arah angin dan kecepatan angin dari Barat - Barat Laut berkisar 5 - 17 kilometer per jam, suhu udara 24 - 31 derajat celcius dan kelembaban udara 64 - 96 persen.

Selanjutnya daratan Kota Pangkalpinang dengan arah dan kecepatan angin dari Barat - Utara berkisar 5 - 17 kilometer per jam, suhu udara 24-¿ 31 derajat celcius dan kelembaban udara 65 - 96 persen, Toboali Kabupaten Bangka Selatan arah dan kecepatan angin dari Barat Daya -Barat Laut berkisar 5 - 16 kilometer per jam, suhu udara 23 - 31 derajat celcius dan kelembaban udara 64 - 97 persen.

Kemudian, Tanjungpandan Kabupaten Belitung arah dan kecepatan angin dari Barat - Barat Laut berkisar 8 -22 kilometer per jam, suhu udara 24 -31 derajat celcius dan kelembaban udara 67 - 97 persen.

Sementara itu, daratan Mentok Kabupaten Bangka Barat hanya berpotensi hujan ringan tanpa intensitas sedang arah dan kecepatan angin dari Barat -Utara berkisar 6 -16 kilometer per jam, suhu udara 24 - 31 derajat celcius dan kelembaban udara 65 - 96 persen, daratan Koba Kabupaten Bangka Tengah arah dan kecepatan angin dari Barat - Utara berkisar 6 - 17 kilometer per jam, suhu udara 23 - 31 derajat celcius dan kelembaban udara 6 - 17 persen dan daratan Manggar Kabupaten Belitung Timur arah dan kecepatan angin dari Barat - Barat Laut berkisar 8 - 23 kilometer per jam, suhu udara 24 - 31 derajat celcius dan kelembaban udara 67 - 96 persen.

Menurut dia, kondisi kecepatan angin di daerah ini masih sama seperti sebelumnya, belum ada peningkatan yang signifikan dan tetap mengimbau warga agar siaga karena cuaca sering berubah-ubah.

"Kondisi angin seperti itu mengakibatkan gelombang perairan meningkat dengan tinggi gelombang maksimum 2,0 hingga 3,5 meter yang akan terjadi di Perairan Utara Bangka dan Selat Karimata bagian Utara," ujarnya.

Pewarta: Oleh: Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014