Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan penelusuran terhadap riwayat kontak pasien positif COVID-19 berinisial, Jun (61) yang meninggal dunia setelah menjalani perawatan selama empat hari di ruang isolasi COVID-19 RSUD setempat.

"Kami terus melakukan penelusuran terhadap riwayat kontak pasien baik kepada orang terdekat dan juga anggota keluarga," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, sejauh ini pihaknya juga telah melakukan pengambilan sampel swab PCR kepada 16 orang yang berdasarkan hasil penelusuran pernah memiliki riwayat kontak dengan pasien.

Sampel tersebut, lanjut Joko, hari ini langsung dikirimkan ke laboratorium kesehatan Pemerintah Provinsi di Pangkal Pinang untuk dilakukan pemeriksaan.

"Pihak RSUD juga sudah pernah melakukan penelusuran dan melakukan swab terhadap yang kontak dengan hasil swabnya semua negatif dan kami masih menunggu laporannya dari pihak RSUD," ujarnya.

Ia menjelaskan, pasien terkonfirmasi positif COVID-19, Jun (61) yang meninggal dunia juga diketahui memiliki penyakit penyerta dan bukan murni COVID-19 semata.

"Pasien ada penyakit diabetes dan juga hipertensi," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020