Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pengecekan kesiapan pasukan pengamanan Pilkada Serentak 2020, agar pelaksanaan pesta demokrasi di daerah itu berjalan dengan baik dan aman.

"Kegiatan ini untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana pengamanan pilkada serentak pada pemilihan bupati dan wakil bupati di empat kabupaten pada 23 Desember tahun ini," kata Kapolda Kepulauan Babel, Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat saat simulasi Sistem Pengamanan (sispam) Kota Operasi Mantap Praja Menumbing tahun 2020 di Koba, Senin.

Ia mengatakan pilkada serentak tahun ini berbeda karena dilaksanakan dalam suasana Covid-19 dan diharapkan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur tidak menjadikan klaster baru.

Oleh karena itu, Polda bersama forkopimda telah melakukan amanat Presiden RI berupa aksi nyata pembagian masker ke beberapa titik serta imbauan penerapan protokol kesehatan COVID-19 sebagai wujud untuk pengamanan menjelang dan selama pilkada serentak nantinya.

"Sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat. Kedaulatan rakyat akan terwujud apabila proses pelaksanaan demokrasi tersebut mempunyai integritas, profesionalitas, dan akuntabilitas dan tetap menjaga netralitas," katanya.

Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan sangat mendukung hal yang sudah dilakukan oleh TNI/Polri dan ini menjadi kewajiban bersama agar proses pelaksanaan pilkada serentak dapat berjalan dengan baik dan aman.

"Pemerintah daerah sangat mendukung. Bersama KPU provinsi kami terus memantau dan membantu agar pelaksaaan di empat daerah kabupaten ini dapat berlangsung dengan tertib dan aman," ungkapnya.

Ia mengimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi penuh mengingat peran serta masyarakat sangat menentukan keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan dengan prinsip "good governance".

"Satu suara sangat menentukan masa depan daerah kita. Jadi kami harap, masyarakat untuk hadir di TPS dan pilihlah calon pemimpin sesuai dengan hati nurani," ujarnya. 

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020