Kantor PT Pos Indonesia (Persero) cabang Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial tahap enam kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di daerah itu.

"Hari ini kami sudah mulai melakukan pembayaran BST serentak baik di Belitung dan Belitung Timur," kata Kepala Kantor Pos Indonesia cabang Tanjung Pandan, Richwan Boy di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, jumlah penerima BST di Kabupaten Belitung adalah sebanyak 3.395 KPM dan di Kabupaten Belitung Timur sebanyak 5.078 KPM.

Ia menjelaskan, untuk Kabupaten Belitung BST mulai disalurkan di sejumlah Kecamatan seperti Tanjung Pandan, Membalong, Badau, dan Sjiuk, sedangkan untuk Belitung Timur penyaluran mulai dilakukan di Kecamatan Manggar, Kampit dan Gantung.

"Kami targetkan setiap tahap penyaluran selesai dalam waktu seminggu," ujarnya.

Richwan menambahkan, mekanisme penyaluran BST yang dilakukan adalah dengan tiga metode seperi membuka layanan pengambilan di kantor pos setempat, layanan pengambi di komunitas Kecamatan dan Desa/Kelurahan serta penyaluran langsung ke rumah KPM.

"Misalnya ada beberapa KPM yang tidak bisa datang ke komunitas di Kecamatan misalnya sakit atau lansia yang tidak bisa berangkat dari tempat tidur maka kami datangi ke rumahnya," kata dia.

Dirinya berharap, BST yang disalurkan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin guna memenuhi kebutuhan sehari-hari ditengah pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Harapannya BST ini bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya terutama untuk membeli kebutuhan pokok ditengah pandemi COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020