PT Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah (PLN UIW) Bangka Belitung siap mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat di wilayah itu dengan menyuplai listrik bagi pengusaha tambak udang di bawah Aliansi Petani Tambak Indonesia Nusantara (APTIN) Babel.

General Manager PT PLN UIW Babel, Abdul Mukhlis, Selasa, mengatakan PLN saat ini memiliki kelebihan listrik dan siap disalurkan, hal ini sejalan dengan visi misinya kehadiran PLN, yang antara lain mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Di tengah pandemik ini dimana  ekonomi mengalami pertumbuhan yang negatif, kami berupaya menggali potensi-potensi yang masih bisa didukung, salah satunya adalah sektor tambak udang, " kata Mukhlis, usai berdiskusi dengan Ketua APTIN Babel, Hidayat Arsani.

Usaha tambak udang, katanya tidak bisa lepas dari listrik dan kehadiran tambak udang ini pun untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga PLN dalam waktu dekat akan menandatangani kerjasama dengan APTIN untuk mensuplai listriknya.

"Banyak tambak yang belum terlayani, bagaimana APTIN menjembatani ini, karena lokasi tambak kan jauh, bukan di tepi jalan, nah bagaimana sinergi ini bisa berjalan, makanya kami dengan APTIN sepakat bekerjasama demi tercapainya pertumbuhan ekonomi yang baik, " ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini ketersediaan listrik di Babel sangat mencukupi, dengan daya mampu di Bangka 186 MW dan di  Belitung 76MW.

"Kami siap suplai berapapun kebutuhan listrik yang diinginkan oleh petani petambak di Babel, " katanya.

Sementara Ketua APTIN Babel, Hidayat Arsani mengatakan dengan kerjasama ini pihaknya bisa bersinergi dan memfasilitasi para pengusaha yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan listrik.

"Kami melalui APTIN mempermudah pemasangan listrik di lapangan, karena dalam memenuhi kebutuhan listrik tentu ada kendala di lapangan, kendala ini tanggungjawab bersama dan disini gunanya APTIN, kami sepakat bekerjasama, "

Kehadiran PLN ini juga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, karena dengan keberadaan tambak ini diharapkan bisa menyerap ribuan tenaga kerja.

"Sinergi APTIN dan PLN supaya perekonomian cepat kita pulihkan,  kami mengapresiasi PLN yang siap mensuplai kebutuhan listrik kami," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020