Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan nelayan mewaspadai kemungkinan terjadinya angin kencang mendadak demi keselamatan saat melaut.

"Saat awal perubahan musim seperti saat ini cuaca sering berubah secara mendadak, kami berharap para nelayan dapat melakukan antisipasi dini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat AKP Candra Wijaya di Mentok, Senin.

Berbagai langkah antisipasi bisa dilakukan para nelayan yang ingin melaut, seperti persiapan berbagai peralatan keselamatan, alat komunikasi, dan selalu memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG.

"Usahakan melaut bersama nelayan lain agar bisa saling mengingatkan dan bantu saat di tengah laut," katanya.

Dengan adanya kewaspadaan dini secara mandiri oleh para nelayan diharapkan tidak ada lagi kecelakaan kerja di laut yang melibatkan nelayan.

Polres Bangka Barat dan jajaran Polsek akan terus melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan para nelayan dan kelompok nelayan untuk memudahkan tukar informasi saat di laut.

"Selain itu kami juga rutin menggelar patroli wilayah perairan untuk memantau berbagai perkembangan yang terjadi sekaligus menjaga situasi tetap aman, tertib dan nyaman," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020