Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelatihan kepada para pelajar agar semakin terampil memanfaatkan perangkat komputer.

"Pelatihan ini kami berikan agar mereka semakin terampil dan siap menghadapi kemajuan teknologi semakin berkembang dengan pesat," kata Kepala Bidang Pelayanan Kerja Sama dan Pengembangan SDM Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat Farouk Yohansyah di Mentok, Jumat.

Menurut dia, tanpa bekal keterampilan komputer yang memadahi, generasi muda akan semakin tertinggal karena ke depan seluruh sektor akan terintegrasi dalam sistem teknologi digital.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengenalan aplikasi pengelola komputer kepada pelajar, karena penggunaan komputer di era digital sekarang menjadi hal pokok.

"Apalagi selama masa pandemi COVID-19, para pelajar banyak yang melakukan proses pembelajaran dari rumah, dan bahkan hampir seluruh tugas dikerjakan melalui aplikasi seperti Microsoft office Word, Excel dan Power Point," katanya.

Farouk mengatakan, pelatihan dasar MS microsoft office akan dilanjutkan dengan pelatihan komputer menengah, coding dan desain grafis.

"Ke depan seperti itu, sebagai wujud dari pelaksanaan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," ujarnya.

Kegiatan ini sebagai wadah bagi anak-anak untuk memperoleh pengetahuan tentang penggunaan teknologi, terutama pembelajaran Microsoft Office yang akan membantu dalam kegiatan sehari-hari.

Selain menambah pengetahuan dan pengalaman, juga memotivasi siswa dalam mencari dan menambah informasi atau keterampilan.

"Pelatihan kami laksanakan untuk memberikan edukasi menggunakan fitur yang ada di komputer, pelatihan aplikasi hingga terapannya, seperti membuat surat menyurat, pembuatan tabel, kolom koran, tabulasi dan lainnya," katanya.

Untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan informasi lainnya, para peserta juga diajak dapat menggunakan dan memanfaatkan bahan pustaka yang disediakan di Perpusda Bangka Barat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020