Wakil Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Umar Dani melakukan pengecekan persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bangka Barat.

"Mengawal pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada 2020 dengan aman merupakan kebanggaan Polri," kata Brigjen Pol Umar Dani di Mentok, Rabu.

Menurut dia, kunjungan kerja di Mapolres Bangka Barat tersebut untuk memberikan semangat kepada seluruh personel sekaligus memastikan seluruh persiapan yang dilakukan berjalan sesuai perencanaan.

"Kami ingatkan seluruh personel untuk selalu menjaga netralitas sehingga dapat terwujud pilkada yang aman, damai dan sejuk," katanya.

Ia menegaskan, siapapun yang akan terpilih nanti Polri tidak memiliki kepentingan karena dalam hal ini hanya akan fokus pada pengamanan pesta demokrasi.

"Mari kita jaga bersama kerukunan masyarakat di Bangka Barat," katanya.

Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah mengatakan kesiapan pengamanan pilkada telah dilaksanakan dengan matang sesuai dengan setiap tahapan yang berlangsung.

Termasuk kesiapan personel yang terlibat serta potensi kerawanan yang mungkin terjadi ketika menjelang pemungutan suara hingga selesai seluruh tahapan.

"Tadi sudah dicek Wakapolda dan diberikan saran serta masukan untuk penyempurnaan rencana pengamanan," katanya.

Menurut Fedriasah, pengamanan pilkada tahun ini berbeda dengan pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya karena pemilu dilaksanakan di tengan pandemi COVID-19 yang membutuhkan perlakuan khusus.

"Protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan disiplin, ini sudah diatur dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum," katanya.

Selain melakukan pemeriksaan di Mapolres Bangka Barat, Wakapolda Umar Dani juga menyempatkan diri bertemu dengan para komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten setempat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020