RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan ketersediaan ruang isolasi bagi pasien positif COVID-19 di daerah itu cukup.

"Kondisi saat ini dipastikan masih cukup untuk mengisolasi pasien-pasien positif COVID-19," kata Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, dr. Hendra, Sp.An. di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, RSUD Marsidi Judono Belitung telah mengantisipasi sejak jauh hari jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu.

"Jadi kami menyiapkan ruang isolasi A, isolasi B, isolasi C, isolasi D, isolasi E, dan isolasi F ada ruang perawatan yang bisa kami rekayasa kami fungsikan menjadi ruang isolasi," ujarnya.

Dengan jumlah tersebut, kata Hendra, maka dipastikan RSUD Marsidi Judono memiliki sebanyak 88 tempat tidur untuk digunakan dalam mengisolasi dan memberikan perawatan pasien-pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Jadi ruang isolasi ICU A memang untuk pasien-pasien kondisi kritis sedangkan dengan gejala sedang dan berat di ruang isolasi lain" katanya.

Ia mengatakan, saat ini RSUD Marsidi Judono Belitung masih merawat sebanyak 12 pasien positif diantaranya dua orang di ruang isolasi A dan sepuluh lainnya di ruang ICU B dan ICU C.

"Jadi untuk kapasitas ruang isolasi tidak ada kendala hanya saja untuk kendalanya saat ini adalah dipengujian karena hampir 70 persen masih dikirim ke Labkesda Provinsi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020