Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DWP Babel), Sri Rahayu Mulya Naziarto mengajak seluruh anggotanya agar lebih kreatif dan berfikir cerdas di HUT ke-21 organisasi itu.

"Yang kita mau dalam peringatan ini adalah untuk seluruh anggota agar lebih kreatif, berpikir cerdas, bisa membangun diri dan memberdayakan perempuan, khususnya istri-istri ASN demi kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Seluruh anggota juga dapat memberikan dukungan kepada suaminya dalam melaksanakan tugas-tugasnya," ujarnya di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, kedepan pihaknya akan melaksanakan beberapa program, di antaranya operasi katarak bagi masyarakat yang tidak mampu dan kegiatan penanaman pohon.

"Insya Allah, nanti kita juga akan melaksanakan kegiatan bhakti sosial lainnya," tuturnya.

Walaupun tidak mempunyai anggaran, Dirinya dan seluruh anggota telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan berbagai program dan kegiatan.

"Memang kami tidak ada anggaran, Insya Allah kalau ada kemauan dari kita, pasti ada kemampuan untuk melaksanakan. Selama ini pun, kami tidak punya kerjasama yang terkoordinir dengan kawan-kawan OPD lain, tapi Ahamdulillah dapat berjalan lancar juga," ujarnya.

Menurutnya ketika suatu organisasi tidak memiliki sumber dana, hal ini akan memaksakan kreatifitas para anggota untuk dapat menghasilkan uang. Menciptakan ide bisnis untuk menghidupkan organisasi.

Dengan jumlah keanggotaan yang besar, DWP dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan melalui 3 program strategis yaitu pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya. Memaksimalkan potensi perempuan untuk menggerakkan roda perekonomian.

"Berkat ketekunan mencari sumber dana, rangkaian acara kunjungan SLB, YPAC, Bakti Sosial Khitanan Massal, dan Puncak HUT DWP ini dapat terlaksana disponsori oleh RSUD. Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Babel, PT Timah, BPJS Kesehatan, dan Dewan Pengurus Korpri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Penasihat Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi mengingatkan para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) bahwa, sebagai wanita dapat terus berperan dalam pembangunan ekonomi.

"Kita istri pegawai negeri, bukan hanya pelengkap. Tapi, kita juga punya peran krusial untuk pembangunan. Hal ini dapat dimulai dari mindset kita. Minimal, bergerak untuk mendukung keluarga,” katanya.

“Ketika mindset terpatri bahwa wanita adalah mitra maka, aksi kita akan berbeda. Kita akan berpikir keras bagaimana wanita bisa memberdayakan dirinya sendiri. Setelah mampu memberdayakan diri sendiri maka, kita akan berpikir bagaimana cara memberdayakan orang lain,” katanya menambahkan.

Ia berharap DWP bisa menjadi ruang bagi istri ASN untuk menunjukkan eksistensi sebagai partner sekaligus mitra pemerintah.

Kegiatan peringatan HUT DWP disesuaikan pada kondisi untuk berkontribusi dan berpartisipasi sejalur dengan program pemerintah. Meskipun kegiatan ini tidak memiliki sumber dana dari APBD dan APBN.

“Jangan berkecil hati ketika kita tidak punya uang. DWP tidak punya anggaran. Namun, kegiatan ini tetap dapat dilaksanakan berkat kemandirian anggota DWP,” katanya.

Peringatan acara puncak HUT DWP ke-21 dihadiri oleh penasihat DWP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antara lain Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah; Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi; Wakil Ketua 1 TP PKK, Laksmi Damayanti Abdul Fatah dan Sekda Provinsi Kepulauan Babel, Naziarto.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020