Pangkalpinang (Antara Babel) - Manajemen PT PLN Wilayah Bangka Belitung memastikan untuk beberapa bulan ke depan di daerah itu tidak dilakukan pemadaman secara bergilir karena persediaan daya listrik yang sudah mencukupi.

"Persediaan listrik saat ini sebanyak 130 MW, sedangkan beban puncak hanya 120 MW, sehingga Babel mempunyai kelebihan daya sebanyak 10 MW. Untuk itu kami pastikan Babel tidak ada lagi pemadaman bergilir," ujar Kepala PT PLN Wilayah Bangka Belitung, Nangcik, Senin.

Ia mengatakan, tidak ada laginya pemadaman listrik secara bergilir di Babel karena sudah masuknya mesin dari Sewatama dan Kertabumi yang memiliki daya sebesar 40 MW.

"Tahun lalu PLN masih deposit daya sekitar 20 MW pada saat beban puncak, sehingga sering dilakukan pemadaman bergilir secara rutin. Namun dengan masuknya mesin berkapasitas 40 MW, pemadaman bergilir bisa diatasi," ungkapnya.

Ia menyebutkan, untuk sewa mesin tersebut, pihaknya hanya menyediakan bahan bakar saja. Sedangkan untuk pembangkit, oli dan operataor sudah disediakan oleh pihak yang menyewakan.

Ia menambahakan, agar bisa mengatasi pemadaman secara bergilir, pihaknya sudah menyiapkan rencana secara jangka pendek dan jangka panjang.

"Perencanaan jangka pendek yang kami lakukan yakni dengan mengoptimalkan mesin-mesin pembangkit yang sudah ada baik itu mesin diesel maupun PLTU. Sedangkan untuk jangka panjang, kedepannya PLN akan mengutamakan pembangkit berbahan bakar dari Biomas dan Biogas," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya memastikan tidak adanya pemadaman listrik secara bergilir dalam waktu yang cukup lama juga dikarenakan adanya beberapa mesin yang masih dalam pemeliharan yang memiliki total daya belasan Mega Watt.

"Mesin pembangkit yang dalam pemeliharaan saat ini di Merawang ada mesin Mirless sekitar 4 MW, Allen 4 MW, Caterpillar 1 dan 2 masing-masing 4,7 MW. Sedangkan untuk di wilayah Mentok ada satu mesin berkapasitas 2,5 MW," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015